21 September 2010

Kewajiban Berjilbab

Dari judul di atas, sesungguhnya itu tidak cukup sulit setelah menyimak banyak sekali yang memakai kerudung. Itupun terbagi menjadi 2 karakter, berjilbab karna Allah dan berjilbab karna terpaksa. Banyak kasus yang aku temui di jalanan, di kampus bahkan di masjid, mereka mengenakan pakaian muslimah serta menutup aurat di saat tertentu saja tapi ketika di luar mereka melepaskan kerudung mereka dan seenaknya berjalan keluar rumah dengan santai. Bahkan ada yang mengenakan kerudung tapi masih kebuka buka seperti gambar di bawah ini :





Apa di pikiran mereka gak ada kerisihan ya? Apa di hati mereka gak ada kegundahan? Menggunakan jilbab itu kan prinsip. Aku juga gak terlalu paham dengan pemikiran mereka.


Awalnya aku juga belum berjilbab, aku menggunakan jilbab akhir - akhir ini sekitar 1 bulan yang lalu. Daridulu aku ingin sekali berjilbab tapi karena seseorang aku jadi terus menunda tindakanku itu. Orang itu orang yang sangat aku hormati,makanya sebagai anak yang baik mencoba mematuhi saja. Seiring waktu beliau pun luluh dengan 'rengekan'ku yang erus meminta berjilbab. Akhirnya pun diperbolehkan, seneng bangeeet! Syukur Alhamdulillah. Tapi dengan amanah yang diberikan oleh Allah SWT, beliau, dan orang-orang yang aku sayangi aku berusaha konsisten. Jadi gak copat copot copat copot (tapi masih tahap belajar kok! hee)



Karena dengan berjilbab, hatiku merasa ayem lebih dekat dengan Allah. Ibadahku khusyu' serta banyak sekali keajaiban kecil yang kumulai semenjak ku menggunakan kerudung. Jadi teman-teman muslimahku, jangan takut untuk berkerudung bila ada yang menghalangi yakinkan saja dengan seyakin-yakinnya pasti luluh juga dan catatan kecil untuk yang sudah berkerudung, bila telah menggunakan berkerudung jangan sampe' copat copot ya! harus konsisten dan lakukan itu karena Allah SWT. Adapun kewajiban mengenakan jilbab bagi wanita Mukminat dijelaskan di dalam surat al-Ahzab ayat 59. Allah swt berfirman :



يَاأَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا


“Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang”.[al-Ahzab:59]

Dengan ayat di atas pasti akan lebih meyakinkan :)
Selamat berjilbab ukhti!!

6 comments:

Selamat Datang . Selamat Membaca dan Selamat berkomentar :)